anis prasetiya ollien

Anis Prasetiyaningsih, S.Pd, M.Pd. biasa dipanggil Ollien, lahir tanggal 14 Agustus 1983 di Surabaya. Penulis lulusan dari TK Wijaya Kusuma Surabaya tahun...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar dan Pembelajaran berbasis Internet
Internet dalam pendidikan

Belajar dan Pembelajaran berbasis Internet

#Internetpendidikan#MediaGuru#Indosat

#doublechallenge

#tantangan_menulis

#TEMA: PEngembangan Diri Guru

Era industri 4.0 ditandai dengan munculnya teknologi internet. Definisi internet sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah:

In.ter.net/ /internét/

n.internet sebagai jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon dan satelit.

Pendidik abad 21 harus segera beradaptasi dengan keadaan saat ini dimana internet sama halnya “makanan” bagi manusia saat ini. Pengetahuan dan informasi terbuka luas dengan adanya internet. Dunia Pendidikan yang modern mengacu pada penggunaan internet sebagai alat belajar dan mengajar, yang menguntungkan siswa dan guru. Internet menyimpan sumber data yang dibutuhkan dalam jumlah yang tidak terbatas dari berbagai sumber.

Siswa memanfaatkan internet sebagai sumber pengetahuan dan memungkinkan siswa belajar sepanjang waktu di luar jam sekolah, melihat nilai, bergabung di kelas maya dan berkomunikasi efektif dengan guru. Guru memanfaatkan internet untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, menyiapkan sumber belajar, metode belajar inetraktif, bergabung dengan forum lokal dan internasional, mengikuti pelatihan secara daring.

Sebagai guru IPA penulis merasakan manfaat internet untuk mengembangkan diri sebagai pendidik profesional abad 21. Pelatihan daring yang ditawarkan benar-benar “memerdekaan” para pendidik abad 21 untuk belajar kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun. Pelatihan daring SEAMOLEC, DIDAMBA P4TK, P3G, VCT MOOC telah di ikuti penulis berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran.

Pelatihan daring diikuti penulis sebagai usaha melaksanakan pengembangan diri. Materi pelatihan daring yang pernah diikuti yaitu pembuatan Blog sebagai media pembelajaran, pemanfaatan Digital Class, Power Point Based Presentation Design,White Board Animation, penulisan PTK menjadi buku. Pelatihan yang saat ini diikuti penulis diklat Ispring dalam pembelajaran IPA, penyusunan soal berbasis kompetensi ilmiah dan digital tool STEM dalam materi ekosistem. Pelatihan daring yang sarat akan ilmu, gratis berbonus bersertifikat. Koneksi internet menjadi pendukung berhasilnya menyelesaiakan pelatihan. Keperluan mengunduh materi dan mengupload tugas, Video Conference, mengunduh sertifikat, melihat nilai dan informasi pelatihan.

Hasil pelatihan daring yang diimpementasikan di kelas berdampak positif pada siswa. Salah satu contohnya Pemanfaatan Kelas digital melalui Edmodo. Berikut respon siswa menggunakan edmodo di kelas penulis pada siswa kelas VII TA 2016-2017:

Manfaat aplikasi tersebut dalam kelas penulis antara lain:

Pembelajaran lebih interaktif, menarik dan fleksibel Siswa tidak terikat tempat dan waktu, sehingga lebih santai. Guru sebagai Fasilitator dan pendukung dalam pembelajaran. Pembelajaran bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja.

Saat istirahat sekolah mereka juga terlihat asik mengamati bahan ajar,berliterasi dan latihan soal yang diupload guru di kelas maya yang mereka ikuti, pada gambar berikut:

Internet juga dimanfaatakan penulis untuk mengintegrasikan hasil praktikum siswa di laboratorium dan membuat video rekaman presentasi Fruit Battery bersama kelompok dan meng-uploadnya di Youtube. Salah satu hasil presentasi siswa penulis yang telah di upload di youtube:

https://www.youtube.com/watch?v=QKvytPl3Bog&feature=youtu.be

Pemanfaatan internet tersebut tak hanya berdampak positif bagi guru dan siswa dalam pembelajaran kelas penulis, agar bermanfaat secara luas penulis menuliskannya sebagai sebuah artikel dengan judul Teaching with Technology dan mempublishnya di blog pribadi penulis dan blog gurusiana.id agar dapant dibaca dan dimanfaatkan guru-guru lain sebagai referensi metode belajar interaktif. Internet tidak hanya membantu penulis mendapat pengetahuan tetapi membantu penulis untuk berbagi pengetahuan dengan guru lain yang membaca artikel tersebut.

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain. Internet adalah cara termurah dan mudah untuk guru bisa berbagi dan mendapat pengetahuan.

ANIS PRASETIYANINGSIH, S,Pd, M.Pd. Penulis lahir di Surabaya pada tanggal 14 Agustus 1983. Penulis mengajar mata pelajaran IPA di SMPN 3 Jember sejak tahun 2007, status penulis adalah PNS guru golongan III/b dengan jabatan Penata Muda Tingkat I.

Email: [email protected]

WA: +62085708771150

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bu

25 Jan
Balas

Maturnuwun pak

25 Jan

Mantap..Bu tulisannya..

25 Jan
Balas

Amiin buuu.. bu sulastri artikelnya kok blm ada

25 Jan

Lek sampe ga menang pak Ihsan ta cegat Lien..hahaha

25 Jan
Balas

MashaAllah makasih para gurusianerSaling mendukung

25 Jan

Mantul

25 Jan
Balas

Maturnuwun bu

25 Jan

Luar biasa. Jadi pingin, Bu. Bagi saya, pengalaman Bu Anis harus dicontoh...Saya tunggu bagaimana bisa masuk berbagai pelatihan via internet , Edmodo dsb.. Ceritakan dg lebih rinci di tulisan berikutnya ya Bu

25 Jan
Balas

Injih bu siapp .. soalnya nyambi bikin buku itu yuh 200220 hahaa

25 Jan



search

New Post